Thursday, July 25, 2013

Menanti Pertarungan Lini Tengah Liverpool



Persaingan lini tengah Liverpool musim ini dipastikan akan sangat menarik, bergabungnya Luis Alberto, sembuhnya Joe Allen dari cedera, serta penampilan Henderson yang terus membaik di laga laga terakhir EPL akan membuat Rodgers cukup pusing untuk memilih starting eleven untuk musim baru ini.

Lucas sudah terlihat fit dari cedera awal musimnya dan sangat siap menjalankan tugas sebagai pelindung backfour, sementara sang kapten sudah terlihat sangat menikmati peran barunya di Liverpool sebagai deep playmaker atau semacam Pirlo yang lebih maju ke depan. Satu slot gelandang tengah yang tersisa akan menjadi rebutan antara Joe Allen, Henderson, Alberto, dan Coutinho.

Joe Allen
Dari tiga laga ujicoba, Allen selalu di pasang Rodgers sebagai holding midfielder sekaligus pengatur tempo permainan. Jika pengisi dua gelandang tengah adalah Lucas dan Gerrard, saya tidak yakin Allen bisa bermain bersama keduanya. Mungkin Allen dipersiapkan Rodgers sebagai pengganti Lucas atau akan menjadi pelapis Gerrard. Asal tahu saja gelandang bertahan Bigfour EPL musim lalu tidak ada yang masuk dalam 10 besar tekel terbanyak menurut whoscored, dan artinya untuk menjadi DMF yang tangguh tidak melulu soal jago tekel tapi juga harus bisa membaca permainan dan bisa mengcover backfour sebaik mungkin ketika menghadapi counter attack.

Jordan Henderson
Henderson dari beberapa laga terakhir EPL selalu menempati pos di depan Gerrard dan Lucas dan ketika ujicoba melawan Melbourne V di pasang Rodgers berada di depan Allen dan Gerrard. Hendo memiliki stamina dan semangat yang tinggi, dia pejuang tak kenal lelah yang tak pernah berhenti melakukan pressing. Hanya saja posisi ini menuntut visi dan umpan matang yang harus di alirkan ke depan, dan Hendo visinya tidak sebaik Coutinho ataupun Luis Alberto. Namun dengan stamina dan fisiknya yang sudah siap bertarung menghadapi EPL yang terkenal keras, Hendo berpeluang menjadi starter musim depan ditambah lagi dia siap bermain di posisi mana saja bahkan menjadi bek kanan sekalipun.

Luis Alberto
Alberto adalah tipikal AMF murni yang memiliki kontrol bola sangat baik serta passing passing yang sangat brilian, posisi AMF tampaknya akan menjadi miliknya. Telah terbiasa bermain ball possession di Barcelona B tentu saja membuatnya tidak mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan skema Rodgers.
Ketika menghadapi Indonesia, Alberto menempati posisi "nomor 10" dan terbukti bisa bekerjasama dengan Coutinho yang bermain melebar ke kiri.

Philippe Coutinho
Ini dia pemilik nomor 10 yang sukses menunjukkan betapa cerdasnya dia, through ballnya memanjakan para penyerang Liverpool. Suarez dan Sturridge sudah merasakan betapa manisnya umpan Coutinho musim lalu, dan semoga saja musim ini dia bisa mempertahankan peforma apiknya. Coutinho kemungkinan akan menempati posisi AMF atau agak melebar ke kiri untuk memanfaatkan dribblingnya. Yang menjadi masalah Coutinho adalah staminanya yang masih belum mampu bermain penuh selama 90 menit namun hal tersebut bukanlah tidak bisa diatasi karena Coutinho sendiri baru berumur 21 tahun.

Dengan persaingan yang ketat seperti ini tentu saja diharapkan mereka akan menunjukkan peforma terbaiknya agar selalu menjadi pilihan utama Rodgers dan Liverpool pun bisa meraih hasil maksimal agar paling tidak bisa meramaikan persaingan memperebutkan tiket Liga Champions. 

No comments:

Post a Comment