Sunday, March 3, 2013

Wigan 0 vs 4 Liverpool


Sabtu malam sekitar jam 10an sekelompok kecil pemuda menggunakan atribut LFC tampak sedang nongkrong di Cafe SoS di jalan Ketapang sambil nonton El Classico. Entah apa yang membuat para pemuda ini betah nongkrong di tempat yang jelas jelas sepi dan bergabung dengan para toke Gajahmada. Ini adalah efek dari adanya “laga pemanasan” El Classico sebelum Wigan vs Liverpool, sehingga cafe cafe di Gajahmada sudah penuh dan kami harus menyingkir terlebih dahulu.

Nobar di Cafe Core.Net, kami datang setelah El Classico selesai dan tidak lama kemudian ada sejumlah anak anak beratribut Real Madrid pawai sambil menggeber motornya bak Jorge Lorenzo. Mungkin mereka lupa dengan klasemen La liga, dan kami maklum. 

Pada match kali ini Rodgers menggunakan formasi 4-3-3 dengan backfour yang sama seperti laga sebelumnya. Untuk lini tengah Rodgers memilih trio Lucas, Gerrard, dan Allen dan hasilnya LFC kalah ball possession dari Wigan. Untuk trio didepan Downing, Coutinho, dan Suarez mengemban tugas sebagai pendobrak pertahanan Wigan.

Baru 2 menit seluruh dunia terpana setelah “Jesus Left Wings” berhasil mencetak gol lewat sundulan, bukan dengan tangan seperti yang dilakukan oleh Maradona. Downing mencetak gol keduanya untuk Liverpool di EPL semenjak di transfer dari Aston Villa. Coutinho menjadi creator gol Downing setelah berhasil meng-keepingkan Boyce (bukan Boyce Avenue) dan melepaskan crossing. Downing didn’t do the Downing, akan lebih epic jika sundulannya membentur tiang gawang. J

Mungkin match seperti inilah yang paling diharapkan oleh para kopites di seluruh dunia, setelah hastag #kamiMuak menghantui temlen beberapa waktu lalu. Banyak yang kesal ketika Liverpool begitu menguasi permainan mulai dari Ball Possession, Shots, Tackling, sampai ke Corner tapi hasil akhirnya adalah seri atau kalah. Laga malam itu merupakan kebalikan dari semuanya, Liverpool kalah possession dan shot dari Wigan tapi di papan skor tertulis bahwa Liverpool menang 0-4. Bagaimana ndan? Puas??

Entah saya sendiri tidak tahu kenapa Liverpool bisa kalah ball possession dari Wigan padahal katanya mau main seperti (ehem) Barcelona. Jumlah passing Lucas yang merupakan passer terbanyak Liverpool hanya 66, bandingkan dengan James McArthur dan James McCarthy yang masing masing melakukan 74 dan 71 pass. Is Rodgers follow Rafa tactics? Atau karena ada chant Rafa di DW Stadium ? Tidak ada yang tahu, hanya Tuhan yang tahu.

Banyak pengamat yang mengatakan bahwa pada laga malam itu Liverpool tidak menampilkan permainan terbaik seperti yang sebelum sebelumnya. Tapi yang pasti Reina banyak melakukan penyelamatan epic sehingga rekor cleansheet Liverpool masih nomor dua di EPL di bawah Manchester City, yaap nomor dua cleansheetnya bukan klasemennya.

Apa yang membuat weekend menjadi indah? Coutinho dua assist, Suarez Hattrick, atau Downing sukses mencetak gol? Tampaknya yang terakhir adalah faktor utama, karena sangat langka dan jarang terjadi. Suarez hattrick dan menjadi topskor sementara EPL sekaligus menjadi pemain pertama yang mencetak 20 gol musim ini setelah sebelumnya juga merupakan pemain pertama yang mencetak 10 gol. EL PISTOLERO just can stop scoring when he became public enemy in England.

Mumpung udah menang 4 gol apakah kita sudah bisa ngomong soal empat besar? Asal tahu saja semalam Spurs berhasil menang melawan Arsenal dan jarak sekarang adalah 12 poin. Bisa kok LFC finnish di empat besar, asalkan menyapu bersih semua laga sisa dan berharap tim diatas kalah......

Ada statistik yang sangat menarik, yakni soal shots. Liverpool melepaskan 8 shots, 6 on target, dan 4 menjadi gol. Sebuah tingkat efektivitas yang sangat mengagumkan mengingat Liverpool merupakan tim yang paling hobi buang peluang. Tapi saya juga tidak tahu apakah itu faktor El Habsi yang lupa cukur jenggotnya, atau dia lupa belajar sama Ben Foster cara menghentikan serangan pemain Liverpool. Jika efektivitas serangan bisa terus seperti ini, paling tidak Suarez bisa menjadi topskor di EPL musim ini (sangat berharap). Suarez semalam “hanya” melepaskan 4 shots dan semuanya on target, dengan hasil 3 gol. What a striker !!! Mari kita berdoa agar dia tidak pindah musim depan !!! Kecuali lebih mahal dari Torres (lirik om JWH)

YNWA #DowningNotForSale

No comments:

Post a Comment