Monday, April 29, 2013

Tukang Pikul


Mencari pemain yang bisa memikul tugas berat untuk menjadi motor utama di tim seperti Liverpool saat ini bukanlah pekerjaan yang mudah. Untuk mencapai target tertentu sebuah tim harus mampu memilih pemain tepat yang akan dibeli. Bukan cuma soal kualitas permainan dan gelar penghargaan individual yang melimpah, tetapi juga harus pemain yang mampu "membawa" tim menjadi lebih baik serta jadi aktor penentu kemenangan tim.

Mari lihat bagaimana Manchester United melakukan transfer dengan sempurna musim ini, membeli Van Persie dari Arsenal adalah salah satu transfer terbaik  mereka. 
Van Persie sebelum dibeli oleh Manchester United adalah nyawa Utama Arsenal, dia adalah kapten sekaligus pencetak gol terbanyak bagi Arsenal musim lalu dan prestasinya dilengkapi dengan penghargaan PFA Player of The Year. 

Banyak yang pesimis kalau Van Persie akan bisa setajam ketika di Arsenal setelah dia berkostum MU. Namun nyatanya Persie tetap menjadi topskor (meskipun dengan sejumlah penalti dan goal offside). Persie tetap bisa menjadi nyawa bagi tim yang dibelanya (kecuali timnas Belanda) dan menjadi salah satu faktor utama kesuksesan MU menjuarai Liga untuk yang ke 20 kalinya (sama seperti nomor punggung Persie)





Bisakah Liverpool mencari pengganti Suarez jika nantinya dia benar benar hengkang? Mencari pemain tidak mesti harus sama berskill dewa dan harus master nutmeg seperti dia, tapi mencari pemain yang bisa menjadi motor bagi rekan lain sekaligus pemecah kebuntuan jika tim sedang buntu. 

Strategi transfer King Kenny musim lalu sebenarnya sudah benar, Downing, Henderson, Enrique, dan Charlie Adam merupakan andalan di klub masing masing sebelum bergabung ke Liverpool. Hanya saja mereka tidak mampu memikul beban berat sebagai "penggerak" tim di Liverpool dan mereka pun menjadi pemain yang "biasa" saja di Liverpool.

Dengan kondisi peringkat Liverpool sekarang, akan sangat langka pemain terbaik dari sebuah klub untuk mau bergabung dengan Liverpool (bahkan pemain dari tim papan bawah sekalipun). Maukah sejumlah pemain terbaik sebuah klub medioker bergabung ke klub yang tidak bermain di Liga Champions (bahkan kemungkinan besar tidak akan tampil di Europe League juga) ??

Dengan usia Gerrard yang sudah tidak muda lagi tentu saja Liverpool membutuhkan "Tukang Pikul" baru yang bisa mengembalikan Liverpool menjadi salah satu kekuatan utama di Inggris dan Eropa (kalau bisa). Tidak mesti harus muda, yang penting mampu "memikul" beban berat. Tuntutan kembali ke BIG FOUR serta harapan mengangkat kembali trofi EPL adalah beban paling berat bagi si "Tukang Pikul" berikutnya....
Jadi.... siapakah???

No comments:

Post a Comment