Saturday, April 20, 2013

Preview Liverpool vs Chelsea

Setelah dua minggu Blog ini terbengkalai karena saya semakin sibuk dengan pekerjaan dan (ehem) kuliah saya, akhirnya dengan segala hormat dan puji syukur saya kembali akan memberikan preview sok tau ala saya (ya iyalah, blog yang punya saya, suka suka saya dong mau ngapain *mendadak emosi*).
Minggu ini Liverpool akan kedatangan tamu spesial, sangat spesial. Karena sang mantan (baca : Rafael Benitez) yang sudah memberikan kenangan manis selama 6 musim akan kembali Bench tempat dimana dulu dia biasa mencoret coret kertas sambil meneriakkan pemainnya untuk tetap tenang. Hanya saja kali ini dia akan kembali untuk menempati bench tim lawan, tim yang supporternya selalu meneriakkan "RAFA OUT!!!"

Apa yang harus dilakukan oleh Rodgers untuk meredam Rafa attack yang bahkan tim peringkat satu EPL sekarang inipun tak kuasa mengimbanginya? Ketika pertemuan pertama di Stamford Bridge yang udah "falls down" dua musim berturut turut, Liverpool bermain imbang 1-1. Rodgers memasang 3 bek sejajar untuk meredam trio MAHO (Mata, Hazard, Oscar), Wisdom Carragher dan Agger bertugas melindungi Jones sementara Enrique dan Glenjo berperan sebagai wing back. Dan carra sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna, yaitu menjadi pengawal pribadi Torres selama 82 menit. Hanya saja yang patut digaris bawahi adalah Chelsea masih dilatih oleh Di Matteo, belum Senor "Rafael Benitez".

Rafa tetaplah pada formasi temuannya yaitu 4-2-3-1, dengan posisi David Luiz, Archuleta, dan Bertrand yang sudah pasti bakalan jadi starter untuk backfournya. Untuk dua pivot mungkin masih pilih pilih antara Mikel, Ramires, Lampard, atau Romeu. Sedangkan trio penyuplai sang target man masih diantara Hazard, Mata, Oscar, Moses, atau juga (uhuk) Marko Marin. Untuk sang target man, mungkin Rafa akan mencoba demba Ba pertama tama atau malah memasang sang Pahlawan Bertopeng (Nando) :)

Rodgers tidak bisa memasang 3 bek sejajar kali ini, karena bermain bertahan di kandang sendiri sungguh bukanlah tradisi Liverpool. Formasi seperti ketika menghadapi Reading sudah cukup apik, hanya saja "keberuntungan" yang masih belum berpihak. Keberuntungan dalam hal mencetak gol tentunya. Dengan tradisi kiper lawan yang mendadak "Dewa" ketika bermain di Anfield, saya tidak bisa membayangkan akan jadi seperti apa Petr Cech nantinya. Apakah dia akan menjadi Superman Berhelm? We'll see

Yang menarik adalah bagaimana Sturridge akan bersua dengan tim lamanya sekaligus ajang pembuktian bahwa dia "lebih baik" dari si nomer 9 yang sekarang makin produktif dalam urusan goal dan assist.
Dengan sudah sembuhnya si "Jesus Right Wing" Stewie Downing, maka akan susah memprediksikan bagaimana formasi Rodgers nanti. Apakah akan ke 4-2-3-1 atau kekeuh 4-3-3? Karena jika menggunakan 4-3-3 otomatis salah satu antara Sturridge dan Downing akan di simpan di bench, sedangkan jika formasi 4-2-3-1 yang menjadi pilihan maka Henderson lah yang terpaksa nongkrong di bench bersama Skrtel.

Bagian terpenting adalah bagaimana caranya meredam Hazard dan Mata serta memarking ketat si nomor 9 agar tidak leluasa menerima longball dari David Luiz.
Selebihnya mari kita nantikan besok malam.

No comments:

Post a Comment