Tuesday, April 23, 2013

Byan 4 vs Messi 0


FULL TIME BAYERN MUNCHEN 4 BARCELONA 0

Apakah ini akhir dari era tiki taka Barcelona dan permulaan era dari superpower asal kota Munich? Memang terlalu dini mengatakan era tiki taka Barcelona sudah berakhir karena di bully oleh Munchen habis habisan.
Om Jupp (saya gak bisa nyebutin nama lanjutannya, susah ndroo) berhasil mematikan trisula Busquets-Iniesta-Xavi sehingga tidak ada segitiga yang bisa dibentuk oleh barca pada malam itu.
Karena bukan pengamat professional saya tidak mengerti kenapa lini tengah Barcelona begitu buntu sehingga tidak mampu menusuk ke dalam kotak penalti Munchen. Padahal yang menjadi bek tengah sebagai pendamping Dante adalah Jerome Boateng bukan Badstuber atau Van Buyten yang notabene lebih expert di tengah.
Yang pasti Javi Martinez dan Swestenjer sukses menjadi duet Pivot paling tangguh di Eropa musim ini (ahh saya medadak ingat Alonso dan Masche). Robben yang belakangan selalu menjadi bahan troll karena maruk terlihat telah menemukan tombol x dan segitiganya, yaap dia passing sodara sodara. Robben berhasil membuat Jessica Alba tidak leluasa untuk overlaping, karena jika dia meninggalkan "pep guardiola remake" di belakang sendirian sama saja dengan bunuh diri. 

Melihat cut in dari kombinasi Roberry saya yakin bahwasanya Barcelona benar benar perlu bek tengah baru dan seorang bek kanan juga tentunya. Ribery lebih seperti terlihat sedang melawan fullback ISL ketika melawan alves, berkali kali dia sukses melewati ALves. Dan gol dari Robben menunjukkan bahwa Alba tak sehebat yang dibayangkan, meskipun agak berbau foul karena Muller telah menahan Alba terlebih dahulu sehingga tidak bisa mengejar Robben.

Om Jupp memanfaatkan betul kelebihan aerial duel dari timnya, dua gol berawal dari corner. Dante pun terlihat sering melepaskan longball kedepan daripada harus sibuk mencari martinez atau swestenjer yang sudah pasti akan dipressing.
Passing dari jerome boateng, dante, lahm, ataupun alaba tidak menuju Martinez atau Swestenjer. Tapi langsung ke Mueller atau bahkan kadang kadang langsung ke Mario Gomez, mereka menunjukkan tidak perlu takut untuk passing melewati para allien gelandang tengah Barca.

Meskipun sulit, tetap saja tidak ada yang mustahil di dalam sepakbola. Barcelona adalah Allien dan mereka akan mencari cara paling tepat untuk bisa membalas kekalahan mereka semalam di Nou Camp nanti.

Pesan moral dari pertandingan semalam : Menyerang tidak melulu harus menguasai Ball Possession, serang seperlunya dan cetak gol sebanyak mungkin *colek* om brendan

No comments:

Post a Comment