Wednesday, August 14, 2013

Liga Yang Katanya "Terbaik" Dunia Itu Akan Segera Dimulai

Tanggal 17 Agustus nanti, tepat di hari kemerdekaan Negara tercinta ini EPL akan kembali bergulir. Sejumlah peserta yang sampai sekarang masih sibuk mencari pemain baru untuk memperkuat skuadnya agar lebih kompetitif menyongsong musim baru. Setiap tim punya target masing masing, ada yang bertarung memperebutkan gelar, ada yang bertarung untuk empat besar seperti tim dari kota pelabuhan, ada yang targetnya tetap stay di EPL, dan bahkan ada juga tim yang targetnya "yang penting harus finish di atas tim tetangga". Dengan keberagaman tersebut EPL jelas memiliki daya tarik sendiri bagi para penikmat sepakbola dan sayangnya masyarakat Indonesia tidak bisa menyaksikan sejumlah Big Match secara gratis di TV nasional.

Sang juara bertahan terlihat begitu percaya diri dengan skuad musim lalu sehingga mereka belum ada mendatangkan satupun pemain di bursa transfer kali ini. Untuk sementara mereka hanya memiliki dua wajah baru di bench, David Moyes dan Philip Neville sementara Wilfred Zaha pun sudah kembali dari masa peminjaman di klub lamanya. Pensiunnya pelatih legenda mereka membuat sejumlah target transfer menjadi ogah bermain di tim yang memiliki 20 titel liga tersebut. Lihatlah bagaimana Strootman lebih memilih As Roma dan tentu saja yang paling santer adalah Thiago Alcantara yang akhirnya memilih untuk bergabung dengan Pep Guardiola di Bayern Munchen. Cerita cerita PHP itu kembali berlanjut setelah katanya mereka sempat dikabarkan menawar Cesc Fabregas dan sampai sekarang belum ada kelanjutan kisahnya.

Tetangga berisik juara bertahan tampaknya tidak terima dengan hasil buruk mereka musim lalu sehingga memecat Mancini yang musim sebelumnya membawa mereka memenangkan EPL secara dramatis. Mereka memilih mendatangkan Pallegrini untuk menggantikan Mancio serta mendatangkan kembali sejumlah pemain anyar seperti Jovetic, Navas, dan Negredo untuk memperkuat tim mereka serta berharap bisa lolos dari putaran grup Liga Champions.

Dari kota London, tim yang musim lalu memenangkan Liga Eropa akhirnya mendatangkan kembali "The Special One" sambil berharap sang pelatih mampu membawa mereka memenangi Liga Inggris atau bahkan treble winner seperti yang dilakukannya bersama Inter Milan di musim 2009/2010. Mereka telah memperkuat skuad dengan mendatangkan Schurrle ditambah ada rumor bahwa mereka siap memboyong Rooney atau Eto'o. Dengan skuad seperti itu sudah layak dan sepantasnya mereka harus memenangi liga, namun sepakbola itu bulat, sebulat kepala Howard Webb dan Mark Clattenburg tentunya.

Tim lain kota London yang konon katanya sudah berpuasa gelar selama 8 tahun terlihat ingin sekali pamer kekayaan dengan menawar Luis Suarez 40 juta + 1 pound sekaligus menunjukkan bahwa mereka bukan sekedar bisa menjual pemain bintangnya. Wenger terlihat sekali ingin menambah daya gedor dengan mendatangkan striker top meskipun sampai sekarang baru Sanogo yang akhirnya berlabuh setelah sempat diisukan mengincar Jovetic, Higuain, Suarez, dan sekarang Benzema.

Masih dari kota London, Spurs kembali menunjukkan keseriusannya dalam persaingan memperebutkan tiket Liga Champions setelah dua musim selalu digagalkan oleh tetangga tetangganya. Pembelian Roberto Soldado dan Paulinho menunjukkan kalau mereka tidak main main kali ini ditambah dengan ngototnya mereka tidak mau menjual Gareth Bale dengan harga di bawah 85 juta pound. Spurs mungkin bisa saja juara (juara 5 maksudnya)

Sementara nun jauh di kota pelabuhan, tim biru yang berhasil finish di atas tim merah baru saja berduka setelah ditinggal pelatih kesayangan ke Manchester. Tapi sebagai gantinya mereka membajak pelatih dari Manchester juga, adalah Roberto Martinez yang diboyong ke Goodison park setelah sebelumnya juara FA bersama Wigan. Mereka telah meminjam Deulefou dari Barcelona meskipun masih ketar ketir takut kalau Baines dan Fellaini akan diboyong Moyes turut serta ke Old Trafford.

Apa kabar tim tetangga Everton? Tim yang menjuarai Liga champions sebanyak 5 kali itu tampaknya sedang berbenah dan melakukan proses pengiritan besar besaran. Reina, Spearing, Shelvey, Downing, Carroll, dan mungkin saja Skrtel sudah angkat koper dari Merseyside. Sementara pemain yang masuk adalah mereka mereka yang harganya terjangkau sambil berharap rekrutan baru tersebut akan seperti Coutinho dan Sturridge. Liverpool membeli Mignolet, Aspas, dan Luis Alberto serta merekrut bek senior Kolo Toure secara gratis. Ekonomis !!! Well Done Ayre
Itu belum termasuk rumor hengkangnya Suarez yang semakin santer belakangan meskipun itu belum tentu terjadi.

Tim lainnya pun sudah berbenah dan yang paling mengejutkan adalah Sunderland, mereka merekrut Giacherini dari Juventus serta Altidore dari AZ Alkmaar. Sunderland jelas berpeluang menjadi kuda hitam yang paling hitam diantara yang lainnya.
Sementara juara Piala Liga telah memecahkan rekor transfer dengan mendatangkan Wilfred Bony dari Vitesse Arnhem dengan banderol 12 juta pound . Mereka siap mempertahankan gelar Piala Liga dan tentu saja siap memperbaiki peringkat di EPL.
Westham telah membajak dua pemain Liverpool untuk memantapkan taktik kick and rush mereka yaitu Andy Carroll dan Stewart Downing.
Southampton pun sedah memperkuat lini pertahanan dengan mendatang Dejan Lovren dari Lyon serta enforcer asal Celtic, Victor Wanyama.
Semua telah berbenah dan tinggal menunggu keajaiban dari tim promosi yang katanya ada yang sudah berganti lambang.
Selamat Datang EPL !!!

No comments:

Post a Comment