Wednesday, August 21, 2013

Catatan Gameweek 1

EPL resmi dimulai minggu lalu, tepatnya di tanggal 17 Agustus 2013 di mana Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke 68. Berikut adalah sejumlah catatan menarik yang kebetulan terdeteksi oleh saya dan mohon sekiranya jangan terlalu dianggap serius, kalau mau serius ya lebih baik kita berdoa saja menurut agama masing masing. Karena ini bukanlah kolom jurnalis professional seperti di Mirror, Guardian, DailyMail, dan lain sebagainya.

Kemenangan perdana sejak lima musim
Akhirnya Liverpool berhasil menghapus kutukan tidak pernah menang pada pekan pembuka EPL sejak tahun 2009 setelah gol Sturridge gagal dibalas oleh Jonathan Walters. Empat tahun berturut turut Liverpool selalu gagal meraih poin pada pekan pertama EPL dan musim ini catatan buruk itu berakhir bersama senyum manis Simon Mignolet setelah keberhasilannya menggagalkan penalti Walters di penghujung laga. Awal yang baik semoga saja menjadi pertanda yang baik untuk Liverpool musim ini sehingga minimal musim depan kami juga bisa menyaksikan tim favorit kami bermain di pertengahan pekan entah itu malam rabu, malam kamis, ataupun malam jumat.

Terimakasih Mark Hughes
Mark Hughes memberikan hadiah manis bagi Liverpool di debutnya melatih Stoke City, dia gagal meneruskan jejak Tony Pullis yang sebelumnya selalu menyulitkan Liverpool di beberapa tahun belakangan. Sebagai catatan terakhir kali Liverpool mengalahkan Stoke City di Anfield pada ajang Liga Premier Inggris adalah pada tahun 2011, tepatnya tanggal 2 Februari 2011. Ketika itu Liverpool menaklukkan Stoke 2-0 lewat gol Raul Meireles dan Luis Suarez, laga yang merupakan debut Suarez berseragam Liverpool setelah masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke 63 menggantikan Aurelio. Dua pertemuan berikutnya di Anfield anak asuh Tony Pullis berhasil memaksakan Liverpool bermain imbang tanpa gol, sampai akhirnya Hughes datang untuk mengQPRkan Stoke agar bisa merasakan serunya menduduki peringkat pertama dari bawah seperti yang dilakukannya terhadap QPR musim lalu.

Lucas masih tetap "BOSS"
Setelah musim lalu tercatat sebagai pemain di EPL dengan rataan tekel terbanyak perlaga, Lucas melanjutkan kiprahnya sebagai salah satu enforcer terbaik di EPL. Menghadapi Stoke yang sebenarnya lebih cocok bermain rugby daripada bermain sepakbola Lucas sukses mencatatkan 8 tekel dimana 6 diantaranya sukses (Peter Crouch 3 kali ditekel Lucas).

Walters who?
Pada pertemuan terakhir di Britannia Stadium penghujung tahun 2012 Walters berhasil memaksa Reina dua kali memungut bola di dalam gawangnya, padahal Liverpool sudah unggul terlebih dahulu lewat penalti Gerrard setelah secara mengejutkan Howard Webb tertipu oleh aksi menyelam Suarez di menit pertama. Walters terlihat akan kembali memberikan mimpi buruk bagi Liverpool setelah dia maju sebagai eksekutor penalti pada laga kemarin. Namun Simon "Beast" Mignolet sukses membuat Walters tertunduk lesu setelah menepis tendangan penaltinya beserta dengan rebound K. Jones. Walters gagal menaklukkan Mignolet seperti apa yang dilakukannya terhadap Reina pada Sepetember 2011 di Britannia Stadium.

All hail Asmir Begovic
Begovic menunjukkan bahwa tidak sebego namanya serta membuat Rodgers agak sedikit menyesal karena gagal merekrutnya di bursa transfer meskipun toh akhirnya peforma Mignolet sangat memuaskan. Begovic menggagalkan 10 peluang Liverpool entah itu Aspas, Sturridge, Coutinho, Henderson, sampai Enrique. Begovic melanjutkan tradisi bahwa kiper lawan akan selalu tampil superior ketika bermain di Anfield.

Lack of Finishing
Liverpool masih belum bisa move on dari hobby lamanya yaitu "membuang peluang". Terlepas dari penampilan superior Asmir Begovic, jumlah shot on target Liverpool adalah yang tertinggi di EPL bersama dengan Manchester City. Liverpool dan Manchester City mencatatkan 11 shot on target, namun City berhasil mengkonversinya menjadi 4 gol sementara Liverpool hanya satu yang menjadi gol. Manchester United melepaskan 8 tembakan dan mencetak 4 gol, sekaligus melanjutkan efektivitas serangannya seperti musim lalu. Mungkin Liverpool harus belajar menghemat bukan hanya di soal finansial namun juga dalam hal menyerang gawang lawan sehingga lebih efektif efisien.

Anak baru tampil baik
Tiga pemain baru yang dimainkan Rodgers langsung memberikan penampilan terbaik di laga debut mereka di EPL. Mignolet berhasil menjadi pahlawan di akhir pertandingan, Kolo Toure juga berhasil melindungi pertahanan Liverpool dengan baik dan nyaris mencetak gol jika headingnya tidak membentur mistar, sementara Aspas berhasil mencetak assist untuk gol Sturridge. Kalau ada yang bagus dan murah kenapa harus beli mahal mahal?

*sebenarnya pengen bahas rambut Sterling namun ahsudahla

No comments:

Post a Comment