Wednesday, November 6, 2013

Letupan Kecil Dari Kota Verona

Verona, apa yang pertama kali terlintas ketika mendengar kata ini disebutkan? Sebagai orang yang masih hijau dalam sepakbola maka yang terlintas di pikiran saya tentu saja Chievo Verona, salah satu tim yang beberapa musim lalu sempat berkompetisi di Serie-A dan Sergio Pellisier adalah satu satunya pemain yang saya ingat dari tim tersebut. Atau mungkin bagi penikmat roman tentu tidak asing dengan Romeo and Juliet yang ceritanya bertempat di kota Verona. Sampai akhirnya ketika melihat klasemen Serie-A musim ini beberapa hari yang lalu ada satu nama yang menarik perhatian saya, ada sebuah tim yang berhasil duduk manis di peringkat ke 5 tepat diapit Inter dan Fiorentina, nama tim tersebut adalah Hellas Verona.

Hellas Verona baru saja promosi musim ini setelah 11 tahun tak pernah merasakan ketatnya "The Beauty of Serie-A". Pada pekan pertama mereka langsung menggemparkan Serie-A dengan menaklukkan tim penuh sejarah asal kota Milan dengan skor 2-1 setelah Luca Toni dua kali membobol gawang Abbiati di Stadio Marc'Antonio Bentegodi. Yaap, Verona berhasil mengalakan AC Milan, tim yang memenangi UCL (atau apapun itu nama sebelumya) sebanyak tujuh kali.

Hellas Verona bukanlah tim baru lahir seperti Swansea di Liga Inggris, setidaknya mereka dulu sempat merasakan bagaimana rasanya menjadi juara Serie-A pada musim 1984-1985 di mana kala itu Juventus memiliki sang Maestro Michael Platini dan Napoli baru saja mendatangkan Diego Maradona. Bukti bahwa setidaknya mereka dulu juga pernah bergigi di tanah Italia.

Hingga pekan ke 11 Hellas Verona telah memenangi 7 laga, seri sekali, serta kalah tiga kali, tentu bukanlah catatan yang buruk untuk tim baru saja promosi. Andrea Mandorlini berhasil menggabungkan talenta talenta muda dengan pemain veteran dan berpengalaman. Lihat bagaimana Juan Iturbe dan Jorginho Frello berhasil klop dengan Luca Toni, striker veteran yang kini sudah berumur 36 tahun namun masih mampu mencetak 5 gol dan 3 assist.

Anak asuh Mandorlini ini sudah bertemu 4 tim besar, yaitu AC Milan (meskipun kalau dilihat dari peringkatnya adalah medioker), AS Roma, Juventus, dan Inter. Dari ke empat tim tersebut hanya Milan yang kalah dari Verona sementara sisanya berhasil mengamankan poin penuh. Bertemu dengan 8 tim lainnya Verona selalu berhasil meraih angka penuh selain melawan Torino, sehingga total poin yang mereka kumpulkan sampai giornata 11 adalah 22.

Serie-A memang baru 11 pekan, namun Verona berhasil mencuri perhatian dengan talenta mudanya seperti Juan Iturbe yang dijuluki 'The New Messi" sehingga Barcelona dan Liverpool dikabarkan siap mengamankannya dari Verona, sementara Iturbe sendiri statusnya masih milik FC Porto, tim yang selalu menjual pemain bintangnya dengan harga selangit sejak era Mourinho.

Kiprah selanjutnya dari Hellas Verona ini tergantung dari kemampuan klub menjaga aset aset mudanya agar tidak terlalu cepat meninggalkan klub sehingga klub sempat mencari calon penggantinya. Jika mereka bisa konsisten terus menang melawan tim tim dibawah mereka maka peluang untuk bisa meramaikan persaingan di Eropa pun tetap terjaga.
Sungguh menyenangkan jika ternyata di tengah superiornya AS Roma ada tim lain yang berhasil mencuri perhatian dengan letupan kecilnya dan letupan itu berasal dari kota Romeo and Juliet.
The Beauty of Serie-A will you be beauty again?

No comments:

Post a Comment