Monday, October 14, 2013

Henderson for Centre Midfielder?

Jordan Henderson mengawali musim ini dengan selalu menjadi starting line up dan selalu bermain full selama 90 menit di 7 laga awal Liga Premier Inggris. 5 laga awal EPL Hendo di tempatkan Rodgers di posisi AMR (Attacking Midfielder Right) pada formasi 4-2-3-1 (menurut Whoscored.com) dan bermain lumayan baik meskipun belum menghasilkan gol ataupun assist hingga saat ini. Kemudian ketika Liverpool menaklukkan Sunderland 3-1 di Stadium of Light, Hendo ditempatkan sebagai Wingback kanan menyesuaikan formasi 3-4-1-2.

Meskipun dipasang bukan pada posisi terbaiknya Hendo tetap menampilkan kemampuan terbaiknya, didukung dengan stamina yang prima dia tak pernah lelah mengcover sisi kanan ketika Glenjo Overlaping atau menutup celah yang ditinggalkan Wisdom yang kebingungan seperti ketika pertandingan melawan Swansea. Rataan keypass Hendo adalah yang ke empat terbaik setelah Gerrard, Suarez, dan Coutinho menandakan bahwasanya dia cukup sering menghasilkan peluang bagi rekan rekannya.

4 gol ke gawang Liverpool ketika Hendo masih menempati pos di sebelah kanan tidak ada yang ada yang berawal dari sektornya. Gol Lovren berawal dari corner, dua gol Swansea di karenakan buruknya koordinasi tengah, sedangkan gol Giacherini adalah bola rebound karena Mignolet gagal mengamankan bola dengan sempurna. "Menurut saya" Hendo bermain baik di sektor kanan, meskipun belum berhadapan dengan winger winger eksplosif dari tim papan atas seperti Spurs, Chelsea, City, ataupun Arsenal. Tapi setidaknya dia sudah membantu Liverpool untuk berada di peringkat dua klasemen sementara EPL :)

Sampai kemudian Lucas Leiva terpaksa harus absen di Game Week 7 karena terkena akumulasi kartu kuning dan Rodgers tidak punya pilihan yang mumpuni untuk slot pendamping Gerrard karena Allen sedang mengalami cedera. Hendo pun akhirnya menempati slot Lucas sebagai pendamping sang Kapten di lini tengah dan yang terjadi adalah luar biasa. Hendo memperoleh rating tertinggi di musim ini sebagai seorang CMF (via whoscored), hanya Suarez dan Sturridge yang ratingnya lebih baik dari Hendo pada pertandingan melawan Crystal Palace.

Hendo bermain luar biasa baik ketika melawan Palace, dia berhasil mengcover seluruh lapangan tengah dan melindungi 3 bek tengah sekaligus membantu ketika Sterling menjadi korban bully di sektor kanan. Hendo tercatat melakukan 7 kali tekel (5 diantaranya sukses), 2 intersep, serta 4 clearance, sudah cukup menunjukkan bahwa dia telah berkontribusi dalam membantu pertahanan Liverpool terlepas dari gol balasan lawan lewat set piece.

Saya tidak terlalu mengerti mengenai statistik dan chalkboard, namun silakan diartikan sendiri sendiri.

Diatas adalah heatmap dari Hendo yang kemudian memunculkan tagar #RunHendoRun

Bgeiulah kira kira passing Hendo, silakan anda nilai sendiri

Kita tidak dapat menebak isi kepala Rodgers, apakah Hendo merupakan salah satu proyek jangka panjangnya sebagai gelandang tengah yang kemudian akan berduet dengan Joe Allen atau bukan. Yang jelas Hendo telah mengisi 3 role pada musim ini dan role terbaik tampaknya adalah sebagai CMF.
So Hendo for Centre Midfielder?

No comments:

Post a Comment