Sunday, September 8, 2013

Tiga Transfer Terakhir Liverpool FC

Bursa Transfer musim panas telah resmi ditutup tanggal 2 September lalu dan Liverpool resmi mendapatkan 3 tambahan pemain baru di 'deadline' day (meskipun katanya sebenarnya udah di dapatkan jauh jauh hari sebelum deadline day), punggawa baru tersebut adalah Mamadou Sakho, Tiago Ilori, dan Victor Moses (pinjaman). Dengan tambahan pemain baru tersebut diharapkan 'squad depth' yang selama ini selalu menjadi masalah dapat terpecahkan dan Liverpool menjadi 'lebih siap' mengarungi musim baru ini. Ketiga pemain ini sudah berada di Anfield ketika pertandingan melawan Manchester United yang di mana skor akhirnya adalah 1-0 untuk kemenangan Liverpool (aih sedap), kemenangan yang akhirnya mengantarkan Liverpool ke puncak klasemen EPL untuk sementara (wissss makin ciamik).

Mari kita bahas para pemain baru ini dimulai dari Mamadou Sakho, pemain yang didatangkan Liverpool dari Juara Ligue 1 seharga 15 juta pound (menurut lfchistory). Sakho merupakan pemain asli binaan Paris Saint Germain, dia berada di tim junior PSG sejak berumur 12 tahun. Uniknya, posisi natural dari Mamadou Sakho adalah seorang striker namun karena akademi PSG mempunyai sedikit defender akhirnya dia dipindahkan posisi sebagai pemain bertahan. Sakho kehilangan ayahnya pada umur 14 tahun dan sempat membuatnya nyaris meninggalkan sepakbola sebelum akhirnya dia memutuskan untuk kembali melanjutkan karir juniornya di kota Fashion tersebut.

Sakho berhasil menembus tim inti PSG pada musim 2007/2008 ketika baru berusia 17 tahun dan langsung berduet dengan bek asal kolombia yang pernah membela Milan, Mario Yepes. PSG ketika itu masih belum kaya raya seperti sekarang, sehingga Sakho pun bisa dengan mudah menembus skuad utama dengan kemampuannya saat itu. Di musim pertamanya bersama PSG timnya hanya berhasil menduduki peringkat 16 namun 'bermain di Eropa' karena menjuarai Piala Prancis. Selanjutnya Sakho selalu menjadi andalan di lini belakang PSG sampai musim 2010/2011 sampai akhirnya PSG berubah menjadi klub kaya raya dan mendatangkan seluruh talenta terbaik dari penjuru dunia untuk menjadi yang terbaik di tanah Prancis. Kedatangan Thiago Silva pada awal musim 2012/2013 membuat posisi Sakho mulai tergeser karena Ancelotti lebih suka memasang duet Alex-Silva dan posisi pemain asli Paris akhirnya menjadi benar benar tidak aman setelah PSG secara mengejutkan menebus bocah berumur 19 tahun dari AS Roma seharga 35 juta Euro, bocah tersebut bernama Marquinhos dan James Palotta boleh tersenyum sumringah karena dia hanya mengeluarkan belasan juta untuk penggantinya (Benatia).



Setelah rumor demi rumor yang berkembang akhirnya Liverpool resmi mengumumkan perekrutan Sakho pada tanggal 2 September 2013, konon katanya pemain ini ditebus Liverpool dengan harga 15 juta pounds dan menjadi 'marquee signing' untuk tim (ehem) peringkat satu klasemen EPL sementara saat ini :)
Terlepas dari layak atau tidaknya harga untuk Sakho, dia jelas merupakan salah satu defender muda terbaik Prancis saat ini bersama Varane dan Liverpool cukup beruntung bisa merekrut pemain yang 'MANTAN' klubnya bermain di Liga Champions. Sakho datang ke Liverpool lengkap dengan sepatu kristalnya dan siap meramaikan persaingan lini belakang Liverpool yang sampai saat ini BELUM PERNAH KEBOBOLAN satu golpun di EPL (makin jumawa).

Selain Mamadou Sakho Liverpool juga mendatangkan satu lagi defender dari klub Liga Portugal, Sporting. Saya tidak tahu secara jelas bagaimana kemampuan dari bek berumur 20 tahun ini sehingga Liverpool bisa membelinya seharga 7 juta pounds dari tim yang sekarang bermain di liga strata dua di Portugal tersebut. Yang jelas konon katanya Ilori pernah memecahkan rekor sebagai sprinter tercepat di akademi tempat Cristiano Ronaldo dan Luis Nani menimba ilmu. Jika memang sprintnya secepat itu mungkin dia akan bermain sebagai winger di Liverpool nanti meskipun posisinya adalah bek tengah.

Liverpool tidak hanya mendatangkan dua defender menjelang deadline day bursa transfer musim panas kali ini, untuk memperkuat lini depannya Liverpool memutuskan untuk me..................minjam Victor Moses dari Chelsea. Sekarang kita tahu bahwa Willian, Yamolenko, dan Eriksen hanyalah sekedar pengalihan isu karena Liverpool sebenarnya mengincar Victor Moses, shame on you SPURS !!! (mencoba menerima kenyataan).

Keputusan transfer Liverpool terkait peminjaman orang terakhir ini memang agak aneh, bagaimana mungkin mereka bisa memutuskan untuk meminjamkan Yesus (Jesus Fernandez Saez) ke Almeria dan meminjam Musa (Victor Moses) dari tim rival *maaf jokenya agak keterlaluan dan garing, maklum saya sedang menikmati menjadi pendukung 'tim peringkat satu' (walaupun sementara)*
Jika membelah laut merah menjadi dua saja mampu, harusnya Moses tidak mengalami kesulitan untuk membelah pertahanan tim tim EPL lainnya dan semoga saja nasibnya seperti Sturridge, tidak seperti Joe Cole.
Selamat datang Sakho, Ilori, dan Moses.... Good luck !

*saya sedang membayangkan pertandingan Liverpool vs Manchester City, di mana dua Nabi akan saling berhadapan. Jika yang satunya membelah pertahanan maka yang satunya lagi pasti memiliki 'cross'ing yang sangat baik #IfYouKnowWhatIMean*

No comments:

Post a Comment