Thursday, September 5, 2013

Kembalinya Martin Skrtel

Apa kabar Martin Skrtel? Pemain yang mendapatkan predikat sebagai pemain terbaik Liverpool di musim 2011/2012 itu telah menghilang sejak kekalahan 2-3 dari Oldham di Piala FA. Sempat gencar di isukan akan menyusul Senor ke Napoli namun kenyataannya sampai bursa transfer ditutup dia masih tetap menjadi pemain Liverpool. Skrtel pun masuk ke dalam skuad yang mengikuti Asia Tour dan bahkan sempat hampir 'ribut' dengan Igbonefo, satu satunya momen yang menyadarkan saya bahwa ternyata dia 'masih' merupakan pemain Liverpool.

Di dua laga awal EPL, Skrtel hanya bisa menyaksikan rekannya bermain dari bangku cadangan tanpa bisa bisa merayakan selebrasi goal Sturridge ke dalam lapangan. Pengalaman dan kematangan seorang bek mantan personil "The Unbeaten" Arsenal musim 2003/2004 membuatnya harus menjadi benchwarmer 'lagi' setelah di penghujung musim mengalah kepada Carragher yang memutuskan untuk pensiun. Bahkan di laga Capital One Cup antara Liverpool vs Notts County Skrtel kembali belum mendapatkan kesempatan untuk 'merumput' dengan alasan masih cedera (katanya). Agger pun harus pontang panting ketika Kolo Toure cedera meskipun akhirnya Liverpool menang 4-2 lewat babak perpanjangan waktu.



Cederanya Kolo Toure membuat Rodgers mau tidak mau harus memakai kembali 'duet tattoo' di lini pertahanan Liverpool, duet yang menjadi andalan King Kenny di musim 2011/2012. Rodgers sebenarnya bisa saja memasang Wisdom sebagai tandem Agger, namun sudah cukup siapkah dia untuk bertarung melawan Van Persie? Menghadapi striker League One saja dia masih keteteran, apalagi harus berduel dengan topskor EPL musim lalu. Skrtel adalah pilihan terbaik yang tersisa dan Rodgers akhirnya memberikan kesempatan kepada Skrtel untuk membuktikan bahwa dia lebih baik dari Wisdom ataupun Martin Kelly untuk mengisi pos bek tengah.

Skrtel is back !!! Dia berhasil menjaga Van Persie dengan baik meskipun harus sedikit menyikutnya dan gara gara sikutannya lah Gerrard sampai beradu mulut dengan 'traitor' (kata akun @footy_jokes) tersebut. Skrtel melakukan tiga tekel malam itu yang mana dua diantaranya adalah tekel kepada Van Persie serta melakukan 11 clearence, terbanyak di banding pemain Liverpool lainnya. Skrtel (pada malam itu) telah kembali ke penampilan terbaiknya, setidaknya menurut whoscored rating yang diperolehnya adalah 8.06 dan itu adalah yang kedua terbaik setelah Steven Gerrard (8.13).

Terlepas dari catatan statistik dan lain hal, yang jelas Skrtel berhasil membantu tim kesayangan saya mengalahkan rivalnya di Anfield sekaligus kembali menggaungkan kata kata 'THIS IS ANFIELD !!!'. Ketakutan yang membayangi karena absennya Toure tidak terbukti, Skrtel berhasil menggantikan tugasnya dengan sempurna dan membuat Van Persie gagal melanjutkan 'hobi'nya membobol gawang Liverpool setelah di tiga pertemuan terakhir selalu berhasil mencatatkan namanya di papan skor ketika melawan tim peringkat satu (sementara) EPL saat ini :)

Dengan menumpuknya stok bek berkualitas, jelas Skrtel harus menjaga performanya jika dia ingin tetap menjadi skuad Liverpool di masa mendatang. Sakho dan Ilori jelas datang bukan hanya untuk jadi pemanis di bangku cadangan meskipun umur keduanya masih tergolong muda, mereka datang untuk memperebutkan tempat di tim inti. Jadi, come on you Skrtel !!!

No comments:

Post a Comment